#StudentCenter: Standard Operational Procedure

Mahasiswa IPB bisa berdemo, menggalang ribuan suara untuk mengangkat hak-hak rakyat; mereka bisa melakukan aksi sosial kemasyarakatan, membantu desa-desa tertinggal; dan masih banyak lainnya, semuanya tak ‘kan sama tanpa adanya tempat yang satu ini: Student Center IPB.

Bergenerasi sudah Student Center ini berdiri, menaungi berbagai LK KM IPB di dalamnya. Sebagian besar dari kita telah datang ke tempat ini. Banyak dari kita masuk ke dalamnya, mengerjakan banyak hal, berkreasi dan berkarya. Rapat di sekretariat masing-masing, membahas isu-isu kemahasiswaan, masyarakat, nasional, hingga dunia. Namun, sudah tahukah teman-teman semua bahwa SC ini memiliki serangkaian aturan-aturan? Bahwa aturan-aturan tersebut harus dipatuhi agar kita semua bisa menggunakan SC ini dengan sreg, nyaman, dan tanpa bersinggungan satu sama lain?

Salah satu aturan SC yang paling dasar, yang akan kami share sekarang di sini, adalah ini: Standard Operational Procedure (SOP) Gedung Student Center KM IPB. Seperti apa SOP SC KM IPB? Nah, mari kita lihat berikut ini ya.

  1. Setiap pengurus LK berhak menggunakan ruangan sekretariat yang sudah disediakan. Di luar pengurus diperbolehkan untuk menggunakan ruangan sekretariat atas izin pengurus LK.
  2. Setiap pengguna ruangan WAJIB menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan, mengembaikan barang yang dipinjam ke tempat semula, dan mengontrol kembali kondisi ruangan.
  3. Setiap pengguna ruangan DILARANG membawa dan menggunakan barang-barang inventaris LK untuk kepentingan pribadi.
  4. Dilarang menempel pengumuman dan/atau sejenisnya di sembarang tempat (seperti kaca, pintu, dsb.) kecuali di tempat yang telah disediakan.
  5. Untuk membantu terciptanya kenyamanan di dalam Sekretariat, setiap pengurus LK DIWAJIBKAN melakukan piket harian dengan jadwal yang sudah ditetapkan serta mematuhi Tata Tertib Piket.
  6. Setiap yang memasuki Gedung Student Center harus berpakaian rapi dan sopan sesuai norma yang berlaku.
  7. Setiap pengguna DILARANG menimbulkan kegaduhan yang dapat mengganggu kepentingan pengguna lain.
  8. Setiap penggua WAJIB menjaga kebersihan Gedung Student Center.
  9. Jam operasional Gedung Student Center berlaku dari pukul 07.00 s.d. 21.00 WIB.
  10. Setiap yang memasuki SC DILARANG merokok, membawa senjata tajam, dan membawa NAPZA (Narkotik, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya).
  11. Setiap pengguna ruangan yang tidak mengindahkan ketentuan di atas akan dikenakan sanksi tegas dari Badan Internal DPM KM IPB.
  12. Sanksi yang diberikan dapat berupa: a) Peringatan lisan, b) Surat peringatan, c) Dikeluarkan dari Gedung Student Center.

Nah, itu dia SOP Gedung Student Center KM IPB milik kita bersama. Dan yang digarisbawahi, sekali lagi: SC KM IPB adalah milik kita bersama. Siapa pun dari kita, Keluarga Mahasiswa IPB, diperbolehkan untuk datang dan berkunjung dan berkegiatan di dalamnya. Syaratnya? Sekali lagi, jelas, mematuhi aturan-aturannya, terutama SOP yang di atas yang notabene merupakan syarat/aturan dasar yang sangat basic.

Ada yang tidak dimengerti? Ingin bertanya? Silahkan tinggalkan komentar, kami akan berusaha semampu kami untuk menjawab teman-teman sekalian :)

Share/Bookmark