#Reblog Diskusi SK Rektor 14 April 2013

Repost dari MPM KM IPB

Pada hari minggu tanggal 14 April 2013, telah diadakan suatu diskusi yang membahas rencana pelegalan lembaga kemahasiswaan melalui SK Rektor. Lokasi di Rk. AGB 301 pukul 08.00-12.00. Berikut kurang lebih cuplikan argumen dari narasumber yang didatangkan:

1. Sudut Pandang Hukum (Dedy Muhammad Tauhid S.H, M.M)

Pembahasan SK Rektor berhubungan dengan keputusan dan peraturan. Penyampain keputusasn dan peraturan lebih kepada pendekatan yuridis dan normative yaitu norma dan peraturan. Keputusan lebih bersifat konkret dan berlaku secara individual, sedangkan peraturan berisi tentang regulasi yang bersifat abstrak dan berlaku secara umum.

Dalam membuat peraturan terdapat prinsip yang harus dipertimbangkan yaitu peraturan yang lebih tinggi harus diutamakan dan dapat mengkesampingkan peraturan  lain yang tingkatannya lebih rendah. Peraturan yang satu tidak boleh bertentangan dengan peraturan lainnya (yang lebih tinggi). Selain peraturan terdapat pula UUD yang tingkatannya paling tinggi dalam suatu Negara. Akan tetapi yang di KM IPB selama ini juga terdapat UUD, sedangkan yang kita ketahui di Indonesia hanya boleh ada satu UUD, oleh karena itu perlu dipertimbangkan pula pantas atau tidaknya UUD tersebut ada dalam KM IPB.

read more here.

Share/Bookmark