#Report Pengawasan LES IPB 2013

Tentang LES (dari laman About di situs resmi LES IPB)

LES atau Leadership and Entrepreneurship School adalah salah satu program dari Kementerian Pengembangan Sumberdaya Manusia Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Program ini berbentuk sekolah kewirausahaan yang ditujukan untuk mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor. Sekolah ini ada mengingat jumlah pengusaha muda di Indonesia masih sangat kurang jika dilihat dari total jumlah penduduk Indonesia.

LES sendiri diawali dengan acara Grand Launching yang menghadirkan pengusaha-pengusaha hebat tanah air guna menciptakan jiwa-jiwa kewirausahaan para siswa LES. Sekolah ini akan berjalan empat bulan, yaitu Maret hingga Juni, dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan positif dalam mengembangkan semangat berwirausaha. Leadership training, motivation, outbond, workshop, kunjungan bisnis, hingga wisuda adalah kegiatan-kegiatan yang akan didapatkan di sekolah ini.

Tahun ini, LES sudah menginjak generasi ke tujuh. LES sendiri sangat didukung oleh Rektorat IPB karena LES terbukti menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam berwirausaha. Dengan itu, Indonesia perlahan akan “kehilangan” apa yang dikatakan sebagai pengangguran dan kemiskinan.

Berikut kami akan memaparkan hasil pengawasan dan pengamatan kami terhadap program kerja LES IPB. Kami akui beberapa kegiatan tidak dapat kami hadiri secara langsung, namun kami mendapatkan beberapa masukan dari peserta sehingga dapat memperoleh gambaran meski tidak detail. Harapan kami, hasil ini dapat dijadikan bahan evaluasi bagi kita bersama.

.

Grand Launching L.E.S.

Acara molor sekitar 1 jam dari rencana awal. acara dilaksanakan dengan meriah, ada sambutan dari pihak LES sendiri. Peserta wajib (UTM) serta peserta lainnya sebagian besar hadir pada acara ini. Secara keseluruhan, acara berjalan dengan sangat lancar dan baik meski terjadi keterlambatan.

.

Outbond ke Markas Batalyon

Kami tidak mengikuti langsung kegiatan LES ini karena beberapa hal. Melalui laporan dari Dicky Pradipta selaku Menteri PSDM dan beberapa peserta, kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar.

.

Workshop I, 28 April 2013

Seperti biasa, acara terlambat selama kurang lebih setengah jam karena peserta yang terlambat menghadiri workshop. Progress acara berjalan dengan lancar hingga berakhir pada pukul 12.00.

Beberapa kendala yang ditemui pada hari ini adalah sebagai berikut:

  1. Beberapa peserta sempat bingung dalam hal pembagian kelompok, dan ditemukan kasus dimana anggota kelompok yang sudah ditetapkan oleh panitia keluar begitu saja dan membuat kelompok sendiri.
  2. Pemberitahuan atas terpilihnya mahasiswa yang ingin mengikuti program L.E.S jalur Open Recruitment juga kurang tersampaikan dengan baik.
  3. Pemberitahuan atas terpilihnya mahasiswa yang ingin mengikuti program L.E.S jalur Open Recruitment juga kurang tersampaikan dengan baik, temuan ini didapat setelah ada informasi dari mahasiswa terkait.
  4. Kurangnya pengetahuan tentang program L.E.S pada panitia membuat mahasiswa kesulitan memperoleh infomasi (perizinan, jarkom, pembagian kelompok).

Panitia cukup mampu mengatasi pembagian kelompok yang tidak merata, sehingga kegiatan tetap dapat berjalan dengan cukup baik.

.

Workshop II, 5 Mei 2013

Terjadi keterlambatan selama kurang lebih satu jam, namun persiapan di tempat acara sudah cukup matang.

Namun, peserta masih acuh untuk melakukan instruksi dari panitia (duduk di sembarang tempat, padahal sudah disediakan panitia), sehingga agak mengganggu ketertiban di awal acara. Meskipun demikian, acara berjalan lancar.

.

Demikian laporan hasil kegiatan pengawasan yang telah kami lakukan terhadap kegiatan LES IPB 2013. Beberapa hal yang perlu menjadi catatan adalah:

  • Masih banyak mahasiswa UTM yang mengabaikan program L.E.S ini (alasan : tidak penting, tak ada gunanya dan lain sebagainya) sumber : saya yang mendengar sendiri.
  • Kewajiban mahasiwa UTM untuk mengikuti program ini masih kurang mengikat, padahal sebelumnya mereka sudah menyatakan untuk mengikuti program L.E.S dan ditanda-tangan diatas materai 6000. Dan bila tidak dilaksanakan dengan baik? Apa sanksinya? Siapa yang memberikan sanksi? Apa ada peringatan resmi/tertulis sebelum menjatuhkan sanksi?

Besar harapan kami ke depannya acara ini dapat berjalan dengan semakin baik. Mari kita dukung dan sukseskan bersama acara ini!

– HIDUP MAHASISWA!

Share/Bookmark