Ketetapan

 

 

 

LOKAKARYA

No. 002/LOKA/DPM KM IPB/VI/2012

 

TENTANG

SOP MPKMB/MPF/MPD KM IPB

 

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA

KELUARGA MAHASISWA INSTITUT PERTANIAN BOGOR

 

Mengingat :

  1. Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 38/DIKTI/Kep/2000 Tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi.
  2. Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan tahun 2003.
  3. Keputusan Rektor Institut Pertanian Bogor No. 009/I3/KM/2010 tentang Tata Tertib Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa di Lingkungan Institut Pertanian Bogor.
  4. Undang-Undang Dasar Keluarga Mahasiswa Intitut Pertanian Bogor.

 

Menimbang :

  1. Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor merupakan lembaga legislatif di Institut Pertanian Bogor.
  2. Pentingnya menjadikan Lembaga Kemahasiswaan (LK) sebagai alat manajemen yang seimbang antara ukuran outcome (hasil kerja dan periode) dan ukuran pengendali (input dan pengendali).
  3. Perlunya pembentukan SOP MPKMB/MPF/MPD KM IPB sebagai acuan dalam pelaksanaan program kerja MPKMB/MPF/MPD KM IPB.

 

Memperhatikan :

Pendapat-pendapat yang berkembang dalam pembahasan materi SOP MPKMB/MPF/MPD Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor periode 2011-2012.

 

Memutuskan :

MENETAPKAN

SOP PELAKSANAAN MPKMB/MPF/MPD 2012

 

 

 

 

  1. A.    DEFINISI MPKMB, MPF DAN MPD
    1. MPKMB merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan memperkenalkan IPB secara umum beserta tata aturan yang ada dan lembaga kemahasiswaan yang ada di dalamnya kepada mahasiswa baru IPB.
    2. MPF merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan memperkenalkan fakultas beserta tata aturan dan lembaga kemahasiswaan yang ada di dalamnya kepada mahasiswa yang baru memasuki fakultas dan atau mahasiswa yang belum mengikuti rangkaian MPF pada periode angkatannya.
    3. MPD merupakan suatu rangkaian kegiatan MPD yang bertujuan memperkenalkan departemen beserta tata aturan dan lembaga kemahasiswaan yang ada di dalamnya kepada mahasiswa yang baru memasuki departemen dan atau mahasiswa yang belum mengikuti rangkaian MPD pada periode angkatannya.
    4. Badan Pengawas MPF/MPD adalah perwakilan mahasiswa yang terdiri dari DPM Fakultas dan/atau  ketua kelembagaan fakultas/perwakilannya dan  dikoordinasikan oleh ketua DPM fakultas yang tugasnya mengawasi pelaksanaan MPF/MPD.

 

  1. B.     PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT
    1. Peserta
      1. Peserta MPF/MPD adalah  mahasiswa fakultas/departemen bersangkutan yang masih aktif.

Kewajiban peserta

a)      Mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MPF/MPD

b)      Mengikuti instruksi panitia MPF/MPD

c)      Berperilaku sesuai dengan etika dan norma yang berlaku dalam tata kehidupan kampus IPB.

Hak peserta

a)      Mendapatkan informasi yang jelas mengenai fakultas/departemen yang bersangkutan

b)      Mendapatkan perlakuan yang baik dari panitia selama kegiatan berlangsung yang tidak bertentangan dengan hak asasi manusia

c)      Melaporkan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada saat pelaksanaan kegiatan kepada Badan Pengawas fakultas yang mengacu pada SK Rektor Institut Pertanian Bogor No.09/I3/KM/2010  tentang Tata Tertib Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Institut Pertanian Bogor dan SOP Pelaksanaan MPF/MPD yang dibuat oleh badan pengawas.

  1. Peserta MPKMB adalah mahasiswa baru tingkat persiapan bersama yang teregistrasi di IPB.

Kewajiban peserta:

a)    Mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MPKMB

b)   Mengikuti instruksi panitia MPKMB

c)    Berperilaku sesuai dengan etika dan norma yang berlaku dalam kehidupan kampus IPB.

Hak peserta

a)      Mendapatkan informasi yang jelas mengenai IPB secara umum.

b)      Mendapatkan perlakuan yang baik dari panitia selama kegiatan berlangsung yang tidak bertentangan dengan hak asasi manusia.

c)      Melaporkan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada saat pelaksanaan kegiatan kepada Badan Pengawas dengan mengacu pada SK Rektor Institut Pertanian Bogor No.009/I3/KM/2010 tentang Tata Tertib Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Institut Pertanian Bogor dan SOP Pelaksanaan MPKMB/MPF/MPD yang dibuat oleh DPM KM IPB.

  1. Panitia
    1. Pembentukan panitia MPKMB maupun komposisinya untuk mahasiswa S1 diserahkan kepada BEM KM IPB sedangkan untuk mahasiswa Diploma diserahkan kepada BEM Diploma.

Tugas dan Wewenang:

  • Memperkenalkan kampus IPB beserta tata aturannya kepada peserta
  • Menumbuhkan jiwa kritis dan melakukan pencerdasan intelektualitas pada peserta
  • Menyusun konsep acara sesuai dengan SOP Pelaksanaan MPKMB /MPF/MPD
  • Bertanggung jawab penuh atas keberlangsungan seluruh kegiatan MPKMB
  • Bekerja secara profesional
  • Berkoordinasi dengan Badan Pengawas dan pihak institusi
  • Menaati peraturan yang berlaku di KM IPB terkait pelaksanaan MPKMB.
  • Wajib mensosialisasikan aturan yang ada di KM IPB terkait pelaksanaan MPKMB kepada peserta.
  • Menjalankan rangkaian acara berdasarkan kreatifitas yag dibuat oleh panitia MPKMB dengan tidak melanggar SOP Pelaksanaan MPKMB /MPF/MPD
  1. Pembentukan panitia MPF/MPD maupun komposisinya diserahkan kepada fakultas/departemen masing-masing berdasarkan kesepakatan bersama.

Tugas dan Wewenang panitia:

  • Memperkenalkan fakultas/departemen yang bersangkutan beserta tata aturannya kepada peserta
  • Menumbuhkan jiwa kritis dan melakukan pencerdasan intelektualitas pada peserta
  • Menyusun konsep acara sesuai dengan SOP Pelaksanaan MPF/MPD yang dibuat oleh panitia berkoordinasi dengan Badan Pengawas atau yang dibuat oleh Badan Pengawas.
  • Bertanggung jawab penuh atas keberlangsungan seluruh kegiatan MPF/MPD
  • Bekerja secara profesional
  • Berkoordinasi dengan Badan Pengawas fakultas dan pihak institusi
  • Menaati peraturan yang berlaku di KM IPB terkait pelaksanaan MPKMB/MPF/MPD.
  • Wajib mensosialisasikan aturan yang ada di KM IPB terkait pelaksanaan MPKMB kepada peserta.
  • Menjalankan rangkaian acara dengan tidak melanggar SOP Pelaksanaan MPKMB /MPF/MPD.
  • Membuat aturan pelaksanan teknis kegiatan MPF/MPD dengan mengacu pada SOP MPKMB/MPF/MPD KM IPB.
  1. Undangan

Undangan adalah pihak-pihak yang diundang untuk turut hadir dalam kegiatan MPKMB/MPF/MPD, yaitu pihak institusi/dekanat, alumni, atau pihak-pihak lain yang dianggap perlu.

  1. Badan Pengawas
    1. Pembentukan Badan Pengawas secara menyeluruh di KM IPB dikoordinasikan oleh Ketua DPM KM.
    2. Badan Pengawas MPKMB  untuk mahasiswa S1 terdiri dari anggota DPM KM IPB yang jumlahnya dimusyawarahkan dan disepakati dalam pleno DPM KM IPB.
    3. Badan Pengawas MPKMB untuk mahasiswa S0 (DIPLOMA) terdiri dari anggota DPM DIPLOMA IPB yang jumlahnya dimusyawarahkan dan disepakati dalam pleno DPM DIPLOMA IPB.
    4. Pembentukan  dan komposisi Badan Pengawas MPF/MPD dikoordinasikan oleh Ketua DPM Fakultas yang juga sebagai koordinator badan pengawas fakultas.
    5. Kewajiban Badan Pengawas
      1. Menjamin terlaksananya sesuai dengan tujuan awal kegiatan.
      2. Menjamin tidak adanya pelanggaran hak-hak asasi manusia dalam bentuk apapun.
      3. Mengawasi dan mengevaluasi keberlangsungan seluruh acara MPKMB/MPF/MPD berdasarkan peraturan yang ada di IPB.
      4. Memberikan penjelasan tata aturan pelaksanaan kepada panitia sesuai dengan SOP MPKMB/MPF/MPD KM IPB.
      5. Hak Badan Pengawas adalah
        1. Berhak membuat peraturan atau SOP panitia/peserta MPKMB/MPF/MPD yang telah disetujui oleh direktorat kemahasiswaan/kemahasiswaan fakultas dengan tidak bertentangan dengan SOP pelaksanaan MPKMB/MPF/MPD yang dibuat oleh kesepakatan forum lokakarya KM IPB.
        2. Memperingatkan dan memberikan sanksi apabila terdapat penyimpangan sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam SOP panitia/peserta dan/atau SOP MPKMB/MPF/MPD yang telah dibuat dan ditetapkan badan pengawas.

 

  1. C.    KONSEP ACARA
    1. Seluruh rangkaian acara MPF/MPD harus selalu mengacu pada SK Rektor  IPB No.009/I3/KM/2010 tentang Pedoman Tata Tertib Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Institut Pertanian Bogor.
    2. Kegiatan-kegiatan yang harus ada
      1. MPF/MPD
  • Memperkenalkan fakultas/departemen, yang terdiri atas:
    • Akademik
    • Pimpinan Fakultas/Departemen/Dosen
    • Lingkungan fakultas/departemen
    • Kemahasiswaan yang ada difakultas/departemen
    • Lembaga kemahasiswaan yang ada di fakultas beserta kegiatannya
    • Memotivasi mahasiswa dalam menjalani kegiatan belajar di fakultas/departemen
    • Menumbuhkan motivasi mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan di fakultas/departemen
    • Memberikan pemahaman mengenai peran strategis mahasiswa
  1. MPKMB
  • Memperkenalkan Institut Pertanian Bogor, yang terdiri atas:

–          Akademik dan Kemahasiswaan

–          Pimpinan IPB (Rektor, Wakil Rektor, Direktur Kemahasiswaan/TPB/dsb).

–          Lingkungan Kampus

–          Lembaga kemahasiswaan ditingkat IPB, TPB/DIPLOMA

  • Memotivasi mahasiswa dalam menjalani kegiatan belajar di IPB
  • Menumbuhkan motivasi mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan di IPB
  • Memberikan pemahaman mengenai peran strategis mahasiswa
  • Memberikan pemahaman mengenai wawasan wiyatamandala
  • Menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam mengembangkan potensi mahasiswa dalam dunia kewirausahaan.
  1. Waktu dan tempat
    1. MPF/MPD
  • Diadakan selama 3 hari di bulan Agustus sesuai dengan ketentuan IPB
  • Waktu Kegiatan MPF/MPD dilaksanakan selama 3 hari di bulan Agustus 2012.
  • Tempat Kegiatan MPF/MPD dilaksanakan di dalam wilayah kampus IPB Darmaga, dan untuk kegiatan yang dilaksanakan di luar kampus IPB terdapat mekanisme perizinan dari pihak dekanat
  1. MPKMB
  • Diadakan selama 3 hari sesuai dengan ketentuan IPB.
  • Waktu Kegiatan MPKMB dilaksanakan yaitu pada selama tiga hari, khusus untuk Diploma terdapat mekanisme lain sesuai dengan kesepakatan antara panitia dengan pihak Diploma.
  • Kegiatan MPKMB dilaksanakan di dalam wilayah kampus IPB (bagi mahasiswa S1 dilaksanakan di wilayah kampus IPB Darmaga, bagi mahasiswa Diploma dilaksanakan di wilayah kampus Diploma IPB dan wilayah kampus IPB Darmaga), untuk kegiatan yang dilaksanakan di luar kampus IPB harus dengan mekanisme perizinan dari pihak institusi.
  1. Gathering
    1. Gathering adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia MPKMB/MPF/MPD dengan tujuan untuk mensosialisasikan dan mempersiapkan teknis pelaksanaan serta segala hal yang diperlukan dalam kegiatan MPKMB/MPF/MPD.
    2. Waktu pelaksanaan Gathering MPF/MPD/MPKMB 3 x 2 jam.
    3. Kegiatan-kegiatan yang ada pada Gathering MPKMB/MPF/MPD harus tetap mengacu pada SOP Pelaksanaan MPKMB /MPF/MPD.
    4. Jika diperlukan waktu melebihi waktu yang ditetapkan wajib melalui mekanisme melalui perizinan kepada pihak institusi.

 

 

ARAHAN UMUM 

  1. Selama pelaksanaan kegiatan, panitia dilarang dengan tegas melakukan tindakan mengancam/mengintimidasi dan melakukan kekerasan baik secara verbal maupun fisik.
  2. Pelaksanaan rangkaian acara MPKMB/MPF/MPD baik pada hari utama ataupun kegiatan pendukung diluar hari utama tidak boleh melebihi jam 17.00 kecuali sudah ada kesepakatan antara panitia, badan pengawas dan pihak institusi yang bersangkutan.
  3. Konsepan rangkaian kegiatan yang dibuat selama kegaiatan MPKMB/MPF/MPD tidak diperbolehkan memberatkan panitia maupun peserta.
  4. Panitia maupun peserta dilarang berkata-kata tidak baik (misalnya berkata berbohong, berkata keras, kotor dan jorok) dalam bentuk apapun.
  5. Peraturan teknis dan lebih detail ditetapkan oleh badan pengawas masing-masing fakultas.
  6. Panitia melibatkan badan pengawas dalam penyusunan mekanisme pemberian sanksi

 

 

 

PELANGGARAN DAN SANKSI

  1. Ketentuan jenis Pelanggaran yang dilakukan oleh peserta dikembalikan kepada panitia sesuai dengan kesepakatan antara panitia dengan badan pengawas yang diatur dalam SOP panitia/Badan Pengawas .
  2. Ketentuan jenis Pelanggaran yang dilakukan oleh panitia akan diberikan sanksi berupa
    1. Pelanggaran Tingkat I , Pelanggaran yang dilakukan panitia yang berkenaan dengan tugas dan wewenang  selanjutnya diserahkan kepada Badan Pengawas fakultas dengan memberikan peringatan dan teguran yang mekanismenya diserahkan kepada Badan Pengawas.
    2. Pelanggaran Tingkat II, Pelanggaran Konsep Acara point a dan b, diberikan teguran oleh Badan Pengawas dan badan pengawas berhak memberikan sanksi edukatif dan teguran dari DPM KM IPB.
    3. Pelanggaran Tingkat III,  Pelanggaran Konsep acara point c, d, dan Arahan Umum point 1, 2, 3, 4. diberikan teguran langsung oleh institusi dengan pemberian skorsing akademik dengan koordinasi badan pengawas dan dikeluarkan dari kepanitiaan secara tidak hormat, teguran dari DPM KM IPB dan Komisi Disiplin Institusi.

 

 

  1. D.    ATURAN TAMBAHAN
  2. Segala sesuatu yang belum ditentukan dalam Ketetapan ini akan diatur dalam peraturan lainnya.
  3. Ketentuan ini berlaku sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan.
  4. Pelaksanaan kegiatan MPKMB di luar tanggal yang telah ditentukan harus dilaporkan kepada pihak institusi.
  5. Forum badan pengawas fakultas dikoordinasikan oleh DPM KM IPB

 

Ketua DPM KM

———     Komdis IPB

 

 

 

Ketua DPM Fakultas/Diploma    —–    Komdis Fak/J

 

 

Badan Pengawas    ——   Dekanat

 

SOP Panitia

 

Panitia

 

Peserta

 

 

 

Bagan Hierarki SOP MPKMB/MPF/MPD dan pelaporan Pelanggaran

 

  • DPM KM membuat SOP MPKMB/MPF/MPD, Ketua DPM KM sebagai koordinator Badan Pengawas IPB yang berkoordinasi dengan komisi disiplin IPB untuk mengkoordinasikan jalannya MPKMB/MPF/MPD.
  • Ketua DPM Fakultas/Diploma mengkoordinasikan Badan Pengawas di Fakultas/Diploma.
  • Badan pengawas berkoordinasi dengan dekanat terkait SOP.
  • SOP Panitia yang dibuat mengacu pada SOP MPKMB/MPF/MPD.
  • Panitia menjalankan SOP Panitia, jika terjadi pelanggaran yang dilakukan panitia diserahkan ke Badan Pengawas sesuai SOP MPKMB/MPF/MPD.
  • Peserta dapat melaporkan pelanggaran/ketidaknyamanan yang terjadi dalam masa perkenalan kepada Badan Pengawas.

 

DITETAPKAN PADA LOKAKARYA MPKMB/MPF/MPD

DEWAN PERWAKIILAN MAHASISWA KELUARGA MAHASISWA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

PERIODE 2011/2012

 

DRAMAGA, 16 JUNI 2012

PUKUL 17.34 WIB

 

PIMPINAN RAPAT

 

 

 

 

 

BAEHAKI FAJRI IBNU ABBAS

NIM. C14080084

Share/Bookmark

Leave a Reply